Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel jurang007 via mail, join sekarang!

Sponsors

1
Membuat Server Lokal untuk Membangun Website

Apakah Agan ingin berbagi ?

Apakah Agan suka Artikel ini ?




Anda akan dihadapkan dengan layar splash klik tombol Next. Klik Install layar akan meminta sebuah direktori di mana untuk menempatkan file-file XAMPP. Klik  Selanjutnya tombol untuk menerima default direktori C:\Xampp.

Instalasi dan konfigurasi XAMPP

Pada saat kita memulai membangun web, baik web statis maupun web dinamis tentunya kita membutuhkan server yaitu tempat meletakkan file-file yang kita buat, sehingga bisa diakses oleh pengunjung web.
Bagi kebanyakan orang awam, instalasi server tidaklah mudah karena konfigurasinya yang membutuhkan pengetahuan khusus. Anda mungkin ingin mengambil jalan pintas, dengan program XAMPP semua itu dapat diatasi. XAMPP menggabungkan semua server aplikasi web utama seperti Apache, PHP, dan MySQL ke dalam satu instalasi biner. Selanjutnya kita pelajari di sini.

INSTALASI DAN KONFIGURASI XAMPP installer yang tersedia untuk Windows, Linux, Sun Solaris, dan Mac OS. Anda dapat download installer yang sesuai dari situs XAMPP resmi: http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
Instalasi pada Windows
Setelah Anda men-download file installer, klik ganda file executable file XAMPP. Jalankan file xampp-win32-1.4.12-installer.exe   


Layar pertama akan tampak seperti gambar di bawah ini:














XAMPP akan melanjutkan untuk mengekstrak semua file yang diperlukan ke dalam folder instalasi. Tunggu sampai proses selesai.



Anda ingin server ini secara otomatis aktif pada saat komputer dihidupkan, jadi klik tombol Yes pada masing kotak pesan. Tetapi kalau tidak, biarkan saja tanpa dicentang.
Ketika instalasi selesai.Anda akan ditanya apakah akan menjalankan XAMPP Control Panel. Klik tombol Yes dan jendela Control Panel akan muncul sebagaimana ditunjukkan dalam Gambar.


Catatan : Agar server lokal berjalan sebagaimana mestinya minimal harus mengaktifkan Apache dan MySQL.

Untuk mengetahuai apakah lokal server yang anda buat sudah berhasil, silahkan buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost. Jika dapat menampilkan halaman utama Xammp server  lokal, berarti proses instalasi anda berhasil dan siap dioperasikan.

Apabila anda bermaksud membuat web maka semua file-file web anda harus diletakkan pada c:\xampp\htdocs\{namafolder}, dimana nama folder adalah folder untuk meletakkan file-file web yang akan buat.
Sampai tahapan ini, server anda sudah siap untuk dioperasikan. Selamat mencoba.


Related Post:

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Ketik 2012 di inbox anda:

1 comments:

Darmawan Saputra said...

Wah, bagus banget artikelnya, keren abis.
sangat bermanfaat bagi saya.
kalau ada waktu saya berkunjungi lagi.



#Salam Silaturahmi.

Post a Comment

 

Labels